RF Online adalah salah satu Game MMORPG yang memiliki banyak player, tentunya player juga-lah yang dapat menentukan baik ataupun buruknya sebuah game. Dan RF adalah game yang masuk dalam kategori Game dengan pengelolaan dan gameplay yang baik sehingga masih memiliki banyak player hingga saat ini.

RF Online adalah game yang bercerita tentang pertempuran 3 bangsa untuk memperebutkan tambang. Ketiga bangsa tersebut adalah Accretia Empire, Bellato Union dan Holy Alliance Cora. Dibutuhkan strategi yang matang untuk dapat memenangkan perang dan menguasai tambang yang berada di Crag Mine.

Alur Cerita

RF memiliki alur cerita yang jelas dan terstruktur. Kita bahkan dapat mengetahui asal muasal perang yang tiada henti pada dunia Novus.
Karena dari itu saya memberikan Score

Game Play

Untuk cara bermain pada game ini sangatlah mudah di pahami, kamu bisa langsung mengetahui cara kerja dari sebuah menu, hanya saja ada beberapa kata yang sulit dimengerti dikarenakan penggunaan kata terjemahan yang kurang tepat. Biasanya ditemukan pada saat interaksi dengan NPC.
Karena dari itu saya memberikan Score

Grafis

Untuk grafis dari game RF ini, kamu tidak usah meragukannya lagi. Game ini memiliki tampilan menu, karakter dan tempat yang sesuai dan enak di pandang mata. Kamu bisa merubah Pengaturan GFX ke tingkat maksimal (kecuali Gamma) agar dapat melihat detail dari setiap objeknya. Hanya saja ada beberapa objek yang hanya di rubah warna, nama dan keterangannya saja. Tapi hal itu masih dalam tahap wajar karena masih memiliki perbedaan.
Karena dari itu saya memberikan Score

Tombol Fungsi

Bagian terpenting dari sebuah game adalah adanya input dan output yang akan didapatkan pengguna game. Karena dari itu Tombol fungsi merupakan salah satu faktor yang membuat Player nyaman dalam bermain game. Pada game ini Tombol Fungsi sudah diatur sedemikian rupa agar dapat mudah di akses. Kalian dapat mengakses menu penting dalam game tanpa harus menekan dua tombol keyboard sekaligus.
Karena dari itu saya memberikan Score

Sudut Pandang Kamera

Setelah banyak game dengan sudut pandang kamera yang buruk. RF dalam kategori pengaturan sudut pandang kamera yang cukup baik. Kamu dapat menyesuaikan dengan pilihan yang cocok dengan kesukaanmu. Kamu bisa mengatur zoom (jauh- dekat) pada karaktermu dan juga melihat sekitar hanya dengan mengklik kanan mouse.
Karena dari itu saya memberikan Score

Komunikasi antar Player

Untuk komunikasi pada game ini, ada beberapa metode yang bisa di lakukan kamu bisa menggunakan surat ataupun whisper. Kamu juga bisa chat all, chat map, chat guild ataupun chat party (sesuai kebutuhan) agar pemain lain bisa melihat pesanmu. Menurut saya sarana komunikasi di sini sudah lengkap karena player bebas menggunakan jenis chat sesuai kebutuhan. Hanya saja untuk sistem Surat, kamu tidak bisa lagi mengirimkan item/ mata uang bangsa karena adanya Bug Error. Jadi Surat di sini tidak jauh berbeda dengan whisper. Surat juga memiliki kelemahan yaitu bisa hilang jika melakukan relog.
Karena dari itu saya memberikan Score

Sistem Pengamanan

RF menyediakan pengamanan ekstra pada setiap karakter, selain 1st password yang di masukkan saat login di launcher, anda juga harus memasukkan password 2nd (password Fireguard). Jika ada orang yang ingin membuka karakter anda tapi tidak mengetahui password Fireguard maka ia tidak akan bisa mengotak atik ataupun mengambil item kamu. Selain itu tempat penyimpanan kamu pun akan aman karena setiap mengakses bank kamu diharuskan memasukkan password.
Karena dari itu saya memberikan Score

Originalitas Karakter

Menurut saya karakter pada game ini orisinil atau dengan kata lain pihak pembuat game tidak meniru karakter dari game lain. Saya sangat mengapresiasi sekali kreatifitas si- pembuat karakter pada game ini.
Karena dari itu saya memberikan Score